dari Ahamad Dayani dan Bambang Setyo ST,MT
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM (DISC BRAKE)
MOBIL NISSAN-GRAND LIVINA
Di
PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG
(Laporan ini dibuat sebagi syarat
pemenuhan kurikulum
dan mengikutit ujian pertanggung jawaban
PRAKERIN)
Di Susun Oleh:
Nama : AHMAD
DAYANI
NISN : 9986013017
KOPETENSI KEAHLIAN
TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR)
SMK YP
KRAKATAU STEEL CILEGON
Jl.Kota Bumi No.1 Kec.Purwakarta
Cilegon-Banten
2015
LAPORAN PENGESAHAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
(Laporan
ini dibuat sebagai syarat pemenuhan kurikulum
dan
mengikuti ujian penanggung jawaban PRAKERIN)
PIHAK SEKOLAH
Cilegon,.........................2015
Menyetujui/Mengesahkan
Ketua Jurusan Pembimbing
Bambang Setyo ST,MT. Bambang
Setyo ST,MT.
Mengetahui,
Kepala
SMK YPW Krakatu
Steel
Laporan Ahmad Dayani
Drs.Yoyo
NIP.195605241986031005
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
Dari
PT.INDOMOBIL
TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG
Disetujui
dan Disahkan
Pada Tanggal,....................2015
Mekanik Nissan Tecnichal Advisor
Imam Baedoi Hasan
Sobri
Mengetahui,
Kepala
Bengkel
Supriyanto
IDENTITAS
TENTANG SISWA
- Nama : AHMAD DAYANI
- NISN : 9986013017
- Jenis Kelamin : Laki-Laki
- Tempat Tanggal Lahir : Serang, 19 Mei 1998
- Agama : Islam
- Anak Ke : 4 (empat) dari 4 (empat) bersaudara
- Alamat Siswa : Kp.Pasir Asem
: Jln. Waringin Kurung-Sasahan
- Telepon/Hp : +628714615508
- Sekolah
a.
Nama
Sekolah : SMK YPW
KRAKATU STEEL
b.
Status : Terakreditasi
A
c.
Alamat
Sekolah : Jln. Kota Bumi
No.1
- Nama Orang Tua/Wali : Hadiri
- Pekerjaan : Buruh
- Alamat Orang Tua/Wali : Kp. Badali
:
Jl. Pasuruhan-Waringin Kurung
Laporan Ahmad Dayani
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan memanjatkan Puji
dan Syukur kehadirat Allah SWT,
karena begitu besar penyertaan-Nya yang telah mengantarkan penulis dalam
menyusun Laporan Peraktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini yang berjudul “PERAWATAN
DAN PERBAIKAN REM CAKRAM (DISC BRAKE)”. Laporan ini
berisi apa yang telah di kerjakan dan pengalaman penulis saat melaksanakan
Peraktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT. INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN
SERANG.
Dalam menyusun laporan
ini penulis menghadapi banyak rintangan dan hambatan, namun atas bantuan dari
berbagi pihak akhirnya semua dapat terselesaikan. Oleh karenanya dengan segala
kerendahan hati, penulis mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang
telah membantu penulis diantaranya
Kepada:
1.
Kedua
Orang Tua, yang selalu memberikan do’a dan kasih sayangnya.
2.
Bapak
Drs.Yoyo, selaku Kepala Sekolah SMK YPWKS CILEGON.
3.
Bapak
Bambang Setyo ST,MT. selaku
Pembimbing (PRAKERIN) dan Ketua Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK YPWKS CILEGON.
4.
Bapak
Giyo Supriyatno S.Pd.T, selaku Wali Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK YPWKS
CILEGON.
5.
Bapak Supriyanto, selaku Kepala Bengkel
PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG
6.
Bapak Hasan Sobri, selaku Nissan
Tecnichal Advisor/Forman PT.INDOMOBIL
TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG.
7.
Para
Mekanik, Karyawan, beserta Staf Tata Usaha di PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN
SERANG.
8. Bapak Sugeng Wibowo, yang telah membantu
dalam penyusunan struktur laporan.
9. Teman-teman yang telah memberi inspirasi dan motivasi.
Semoga
laporan ini dapat bermanfaat dan berguna sebagaimana mestinya dan menjadi saran
pembelajaran kita semua demi kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Semoga
segala bentuk bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak bernilai amal ibadah
dan mendapat imbalan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin
Cilegon,..….....……..2015
Penulis
Ahmad Dayani
Laporan Ahmad Dayani
DAFTAR ISI
Halaman
Judul
Lembar Pengesahan Sekolah............................................................................ ii
Lembar Pengesahan Industri............................................................................. iii
Identitas Tentang Siswa.................................................................................... iv
Kata Pengantar..................................................................................................v
Daftar Isi...........................................................................................................vii
Daftar Gambar.................................................................................................. viii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang .................................................................................. 1
1.2 Tujuan
Prakerin
................................................................................. 1
1.3 Manfaat
Prakerin
............................................................................... 2
BAB II PEROFIL PERUSAHAAN
2.1 Sejarah
Singkat Nissan
...................................................................... 3
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Pengertian
Sistem Rem
...................................................................... 4
3.2 Jenis-Jenis
Rem ................................................................................. 5
a.
Rem
Tromol (Drum Brake)
................................................................................. 5
b.
Rem Cakram (Disc
Brake) ........................................................ 5
3.3 Komponen
Utama Rem Cakram (DiscBrake) ................................... 6
a.
Caliper
...................................................................................... 6
b.
Kampas Rem (Brake
Pad) ........................................................ 6
c.
Piringan/Cakram (Disc Rotor)
................................................... 6
3.4 Prosedur
Perawatan Dan Perbaikan .................................................. 7
a.
Pemeriksaan Kendaraan
............................................................ 7
b.
Identifikasi Kerusakan
............................................................... 7
c.
Perbaikan Kerusakan
................................................................ 7
d.
Pemeriksaan Ulang
.................................................................... 7
3.5 Perawatan dan Perbaikan
Rem Cakram (DiscBrake) ........................ 8
a.
Perlengkapan
Safety
................................................................. 8
b.
Alat-alat
Perbaikan.................................................................... 10
c.
Bahan-Bahan
............................................................................ 13
d.
Langkah-langkah
Perawatan dan
Perbaikan Rem
....................... 15
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
....................................................................................... 18
4.2 Saran
................................................................................................ 18
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Laporan Ahmad Dayani
DAFTAR GAMBAR
Gambar.1 Dealer Nissan Serang
....................................................................... 3
Gambar.2 Skema Sistem
Rem Mobil
............................................................... 4
Gambar.3
Rem Tromol (Drum Brake)
............................................................ 5
Gambar.4
Rem Cakram (Disc Brake)
.............................................................. 5
Gambar.5 Caliper Rem Cakram
...................................................................... 6
Gambar.6 Kampas Rem (Brake Pad) .............................................................. 6
Gambar.7
Piringan/Cakram (Disc Rotor) ........................................................ 6
Gambar.8
Wear Pack
...................................................................................... 8
Gambar.9
Helm ............................................................................................... 9
Gambar.10
Masker
......................................................................................... 9
Gambar.11
Sarung Tangan
.............................................................................. 9
Gambar.12
Sepatu Safety
............................................................................... 10
Gambar.13 1
Set Kunci Sok
........................................................................... 10
Gambar.14
1 Set Kunci Pas/Ring
.................................................................... 11
Gambar.15
Impact Tool
................................................................................. 11
Gambar.16
Disc Brake Piston Spreader
..........................................................11
Gambar.17
Dongrak & Lift............................................................................... 12
Gambar.18
Kompresor..................................................................................... 12
Gambar.19
Jangaka Sorong
............................................................................. 12
Gambar.20
Air Duster Gun
.............................................................................. 13
Gambar.21
Fender Cover ................................................................................ 13
Gambar.22
Mobil Nissa-Grand Livina
.............................................................. 13
Gambar.23
Kampas Rem (Brake Pad) ............................................................ 14
Gambar.24
Krim Pelumas (Grease)
................................................................ 14
Gambar.25 Pembersih Rem (Brake Cleaner) .................................................. 14
Gambar.26
Ampelas ....................................................................................... 15
Gambar.27
Memasang fender
......................................................................... 15
Gambar.28
Melepas Roda
.............................................................................. 15
Gambar.29
Lankah Membongkaran Rem
........................................................ 16
Gambar.30
Mengukur Ketebalan
.................................................................... 16
Gambar.31
Langkah Memasang Kampas
Rem ................................................ 17
Laporan Ahmad Dayani
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah salah satu
penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan sistematik dan
sinkron antara program pendidikan di sekolah dan penguasaan keahlian yang
diperoleh melalui kegiatan bekerja secara langsung dengan dunia kerja secara
terarah untuk membentuk keahlian dan mental siswa agar pada saat
lulus dari SMK siap terjun dalam dunia kerja.
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
dilaksanakan selama 1 (satu)
bulan. Untuk program keahlian teknik
kendaraan ringan khususnya, pihak
sekolah telah bekerjasama dengan perusahaan
PT.INDOMOBIL TRADA NASIONAL-NISSAN SERANG sebagai salah satu tempat dilaksankannya
Praktik Kerja Industri. Hal ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu dari
tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mencapai tujuan yang relevan
antara dunia pendidikan dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja, sekaligus
sebagai syarat untuk mengikuti UN (Ujian Nasional).
Kegiatan penyelenggaraan PRAKERIN ini diharapkan dapat
meningkatkan keahlian dan etos kerja siswa yang meliputi: kemampuan bekerja,
motivasi kerja, inisiatif, kreativitas, disiplin dan kerajinan dalam bekerja.
1.2 TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
a) Meningkatkan mutu dan pendidikan kejuruan melalui
peran dunia kerja
b)
Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang
berkualitas
c)
Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki
pengetahuan,keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan
kerja
d)
Memberi pengetahuan terhadap pengalaman
kerja sebagai bagian proses pendidikan
e)
Memperoleh kesetaraan dan kesepadanan
antara sekolah dan dunia kerja
1.3 MANFAAT PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKRIN)
a)
Manfaat Prakerin Bagi Siswa
1.
Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin
dan tanggung jawab.
2.
Mengetahui arti penting disiplin dan
tanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
3.
Memperoleh wawasan luas mengenai seluk
beluk dunia kerja.
4.
Dapat memahami, memantapkan dan
mengembangkan pelajaran yang diperoleh di sekolah.
5.
Dapat membandingkan kemampuan yang
diperoleh di sekolah dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.
b)
Manfaat prakerin bagi sekolah
1.
Tujuan pendidikan untuk mendapat keahlian
proffesional lebih mudah dicapai
2. Dapat menyesuaikan program pendidikan dengan kebutuhan
lapangan kerja
c)
Manfaat prakerin bagi Industri
1.
Dapat memilih peserta Prakerin baik
jumlah, kemampuan, penampilan dan waktu yang dianggap menguntungkan
2.
Dapat mengenal persis kualitas siswa
yang berlatih di instansi/ industri
3.
Dapat berpartisipasi dalam pembangunan
pendidikan pada khususnya dan pengembangan bangsa pada umumnya.
Laporan Ahmad Dayani
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 SEJARAH SINGKAT NISSAN
Gambar.1
Dealer Nissan Serang
Perjalanan sejarah Nissan dimulai dengan munculnya
kendaraan merk DATSON pada bulan Agustus tahun 1931 yang dibuat oleh DAT
Automobile Manufacturing. Pada tahun 1932, kata SON diganti menjadi SUN,
sehingga namanya berubah menjadi DATSUN, yang dapat diartikan sebagai suatu
harapan adar bisnis keluarga DAT ini dapat bersinar seperti cahaya matahari.
Pada tanggal 1 Juni 1934, Nihon Sangyo (Nissan)
menjadi pemegang saham utama perusahaan dan sekaligus merubah nama perusahaan
menjadi NISSAN MOTOR CO. LTD. Pada tahun yang sama, pabrik berhasil melakukan
ekspor perdana Datsun pada bulan Agustus ke Australia. Nissan pertama kali
masuk secara resmi ke Indonesia
masih dengan nama DATSUN pada tahun 1969/1970.
Jenis
kendaraan yang diproduksi pada waktu itu adalah pick up, multi purpose (Jeep) dan sedan dengan
produksi rata-rata 750 unit/bulan. Pada tahun 1989, kendaraan yang dipasarkan
adalah jenis sedan, seperti Nissan Sentra dan Cefiro. Saat ini sudah
banyak jenis mobil yang dipasarkan di Indonesia oleh Nissan, seperti Nissan
Livina family, Nissan Evalia, Nissan Serena, Nissan X-Trail, Nissan Teana,
Nissan Juke, Nissan March, dan Nissan Elgrand.
Laporan Ahmad Dayani
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 PENGERERTIAN
SISTEM REM
Gambar.2 Skema Sistem Rem Mobil
Sistem
rem termasuk komponen terpenting bagi kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi
kecepatan dan menghentikan kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat
memparkir kendaraan ditempat yang menurun. Peranan rem sangat penting
dalam sistem mesin, misalnya pada mesin mobil, sepeda motor, mesin cuci, dan
sebagainya.
Selain itu rem juga mempunyai kelemahan
yaitu rem sering mengalami blong, hal ini diakibatkan karena pemeliharaan yang
kurang rutin dan penyebab terjadinya rem blong yaitu kampas rem habis
(aus), minyak rem habis, dan terjadinya kebocoran pada seal piston rem, master
rem, ataupun pada selang remnya, maka dari itu pemeliharaan rem harus sangat
diperhatikan.
3.2 JENIS-JENIS REM
Gambar.3
Rem Tromol (Drum Brake)
Rem tromol adalah rem bekerja atas dasar gesekan
antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan.
Agar gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik, maka sepatu rem di buat
dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi. Rem drum memiliki
kelemahan jika terendam air, tidak dapat berfungsi dengan baik karena koefisien
gesek berkurang secara significant
b.
Rem Cakram (Disc Brake)
Gambar.4 Rem Cakram (Disc
Brake)
Rem cakram merupakan perangkat pengereman yang
digunakan pada kendaraan modern. Cara kerja rem ini ialah dengan cara menjepit
cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram
digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pad) ke cakram.
3.3 KOMPONEN UTAMA REM CAKRAM (DISC BRAKE)
a.
Caliper
Gambar.5 Caliper Rem Cakram
Caliper rem merupakan bagian sistem rem yang berfungsi mencengkram
piringan cakram yang menyatu roda sehingga putaran roda melambat/berhenti.
b.
Kampas
Rem (Brake Pad)
Gambar.6 Kampas Rem (Brake
Pad)
Brake pad pada umumnya berfungsi memberi daya gesek pada
cakram, sehingga dapat menghasilkan daya pengereman .
c.
Piringan/Cakram (Disc Rotor)
Gambar.7 Piringan/Cakram
(Disc Rotor)
Cakram
berfungsi sebagai tempat (alas) bergeseknya kampas rem (brake pad), sehingga
dapat memperlambat gerak putar roda pada kendaraan.
3.4 PROSEDUR PERAWATAN DAN PERBAIKAN
Pada dasarnya kendaraan mempunyai umur atau jangka
waktu operasi, sebelumnya jadwal perawatan dan perbaikan harus dipatuhi, maka
dengan demkian harus diperlukaan perbaikan secara bekala. Berikut beberapa
prosedus yang perlu diperhatikan:
a.
Pemeriksaan Kendaraan.
Seorang
pengendara perlu mengetahui kondisi normal
kendaraan sehingga jika ada masalah dalam operasi kendaraan,
pengemudi/pemiliknya dapat mengetahui apa yang terjadi kerusakan atau tidak kepada
kendaraannya.
b.
Identifikasi Kerusakan
Setelah
diketahui ada bagian yang mengalami kerusakan, dengan semestinya perlu kita
lakukan pengindetifikasikan kerusakan yang terjadi, itu dapat dilakukan dengan
alat indra.
c.
Perbaikan Kerusakan
Setelah
diketahui bagian yang rusak dapat segera dilakukan perbaikan, Sebelumnya kita harus perlu pengetahuan
tentang mekanisme dan tentang cara pemasangan komponen yang benar danp eralatan
yang memadai.
d.
Pemeriksaan Ulang
Jika
telah dilakukan perbaikan perlu diperiksa apakah bagian yang rusak sudah
bekerja dengan baik kembali.
3.5 PERAWATAN DAN PERBAIKAN REM CAKRAM (DISC
BRAKE)
Adapun dalam
melakukan perawatan dan perbaikan sistem rem kita perlu mempehatikan beberapa
aspek, seperti perlengkapan keamanan kerja (safety), peralatan kerja dan
bahan-bahan serata langkah-langkah perbaikan.
a. Perlengkapan Safety
Perlengkapan
keamanan kerja (safety) ialah Seperangkat alat yang digunakan tenaga
kerja untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuhnya dari potensi bahaya atau
kecelakaan kerja. Pada perlengkapan ini sangat disarankan supaya
digunakan menurut prosedur dan harus memenuhi standar nasional. Berikut
pelengkapan safety yang harus dipakai dalam perbaikan rem:
1.
Wear Pack
Gambar.8
Wear Pack
Wear pack berfungsi untuk melindungi kulit dari benda
kasar dan tajam serta melindungi dari tempat/lingkungan yang kotor.
Gambar.9 Helm
Helm berfungsi melindungi kepala dari cidera akibat
benda-benda yang jatuh dan melindungi kepala dari benturan pada benda
keras/tajam
3. Masker
Gambar.10 Masker
Masker berfungsi untuk mulut dan hidung dari
partikel-partikel/debu/asap yang cukup berbahaya bagi organ tubuh.
4. Sarung Tangan
Gambar.11 Sarung Tangan
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari
luka tersayat atau tertusuk oleh tepi-tepi/ujung-ujung runcing pada benda
keras.
5. Sepatu Safety (Safety
Shoes)
Gambar.12 Sepatu Safety
Sepatu safety berfungsi untuk melindungi bagian kaki
(ujung jari-jari kaki) dari cidera akibat tertimpa benda-benda berat dan
menjaga pemakai agar tidak mudah
terpelest pada tempat-tempat yang licin.
b. Peralatan Kerja
Beberapa aspek yeng perlu diperhatikan dalam peralatan
kerja ialah: Alat yang digunakan harus sesuai dengan troubelnya serta sesuai
dengan kebutuhan, alat haru memenuhi standar nasional, sebelum menggunakan alat
sebaiknya mengecek atau mengkalibrasinya terlebih dahulu.
Berikut peralatan yang digunakan dalam trouble disc
brake (rem cakram):
1.
Kunci
Sok
Gambar.13 1 Set Kunci Sok
Kunci sok berfungsi untuk mengencangkan
dan mengeandurkan baut/mur
Gambar.14 1 Set Kunci Kombinasi
Kunci kombinasi adalah alat yang berfungsi
untuk mengencangkan baut/mur.
3. Impact Tool
Gambar.15 Impact
Tool
Impac tool merupakan alat bantu untuk kunci sok yang
berfungsi sebagai pemutar agar lebih cepat dan mudah.
4. Disc
Brake Piston Spreader
Gambar.16 Disc Brake Piston Spreader
Disc Brake Piston Spreader berfungsi untuk
menekan/mendorong piston rem.
5. Lift atau Dongkrak
Gambar.17 Dongrak
& Lift
Lift/dongkrak adalah alat yang berfungsi menaikan
benda berat dan kendaraan.
6. Kompresor
Gambar.18 Kompresor
Kompresor berfungsi untuk melayani udara yang
bertekanan, yaitu dengan cara mengisap udara luar dan dikompresikannya dalam
suatu sistem atau tabung kompresor itu sendiri
7. Jangka Sorong (Vernier
Cliper)
Gambar.19 Jangaka Sorong
Jangka sororong berfungsi untuk mengukur diameter
bagian dalam, diameter bagian luar, dan kedalaman benda serta mengukur
ketebalan benda.
8. Air Duster Gun
Gambar.20 Air
Duster Gun
Air duster gun adalah alat bantu untuk menyemprotkan
angin (udara) dari kompresor agar dapat terarah.
9. Fender Cover
Gambar.21 Fender
Cover
Fender cover berfungsi
untuk melindungi body mobil agar tidak lecet/tergores saat terkena benda
kasar.
c. Bahan-Bahan
1. Satu Unit Mobil Nissan-Grand Livina
Gambar.22 Mobil
Nissa-Grand Livina
2. Kampas Rem (Brake
Pad)
Gambar.23 Kampas Rem (Brake
Pad)
3. Krim Pelumas (Grease)
Gambar.24 Krim Pelumas (Grease)
Grease biasanya berfungsi untuk melumasi komponen
kendaraan yang memiliki keausan tertentu.
4. Pembersih Rem (Brake
Cleaner)
Gambar.25 Pembersih
Rem (Brake Cleaner)
Brake
clearner adalah cairan yang berfungsi untuk membersihkan kompnen rem dari
kotoran atau korosi (karat) yang menempel.
5. Ampelas
Gambar.26 Ampelas
Ampelas
berfungsi untuk meratakan dan menghaluskan bendan-benda padat/keras.
d. Langkah-langkah Perawatan dan Perbaikan Rem
Cakram (Disc Brake Pad) Pada Mobil Nissan-Grand Livina
Gambar.27 Memasang fender
Gambar.28
Melepas Roda
-
Menempatkan
kendaraan ditempat yang rata/landai.
-
Menaikan
mobil menggunakan lift/dongkrak.
-
Melepaskan
semua mur/baut roda menggunakan impact
dan kunci sok 21 atau menggunakan kunci roda manual, kemudian lepaskan roda dengan cara angkat dan tarik
keluar.
3. Melepas kampas rem (brake pad)
Gambar.29 Langkah Membongkaran Rem
-
Melepaskan
baut caliper menggunakan kunci ring 14, kemudian buka caliper dengan cara menaikan
caliper keatas.
-
Lepaskan
masing-masing kampas menggunakan tangan atau pun alat bantu lainnya.
-
Membersihkan
setiap komponen rem menggunakan brake
clearner dan semprot dengan kompresor.
Gambar.30 Mengukur Ketebalan
Bake Pad
Dalam
mengecek dang pengukuran kampas rem bisa dilakukan secara manual dengan cara
melihat ketebalannya saja ataupun bisa menggunakan jangka sorong. Berikut cara
mengukur kampas rem menggunakan jangka sorong :
-
Mengkalibrasikan/mengecek
jangka sorong terlebih dahulu.
-
Mengukur
ketebalan kampas dengan cara menempatkan kampas ditengah-tengah tuas pengukur
diameter luar dari jangka sorong
-
Kemudian
membaca skala pengukuran utama dan skala vernier yang didapat pada jangka sorong.
5.
Memasang Kampas
Rem (Brake Pad)
Gambar.31 Langkah Memasang Kampas Rem
-
Meratakan
kampas menggunakan ampelas, kemudian oleskan sedikit cream grease pada bagian
kampas rem dan baut caliper.
-
Memasang
kampas sesuai posisi dan jangan sampai terbalik. Kemudian tutup kembali kampas
rem dengan caliper rem secara perlahan dan baut.
-
Terakhir
memasang kembali roda dan baut secara menyilang untuk mendapat kerapatan yang
rata pada roda. Kemudian menurunkan mobil secara perlahan. Lalu membereskan dan
memrapikan kembali peralatan.
Laporan Ahmad Dayani
BAB
IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Dari uraian diatas yang penulis sajikan maka penulis
dapat menarik kesimpulan bahwa :
Rem merupakanan komponen yang juga berperan penting pada
kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan laju
kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan ditempat yang
menurun.
Rem juga mempunyai masalah dalam sistem kerjanya
(pengoperasiannya). Misalnya, rem kotor, rusak dan bahkan rem blong. Maka dari
pada itu mengecek, merawat maupun memperbaikinya dilakukan secara rutin.
4.2 SARAN
Lakukan perawatan dan perbaikan
kendaraan secara rutin (berkala) sesuai prosedur yang tertera dalam buku
service maupun panduan mengenai Teknik Otomotif yang bisa didapat dari modul
maupun internet (Web). Khususnya dalam system rem sebaiknya selalu mengecek,
merewat ataupun memperbaikinya benar-benar dilakukan secara rutin, guna
menghindari terjadinya kerusakan rem atau tidak berfungsi rem dengan baik (rem
blong) pada kendaraan. Dan utamakan keselamatan kerja dalam perwatan ataupun
perbaikan serta utamakan keselamatan berkendara.
Laporan Ahamad Dayani
DAFTAR PUSTAKA
https://yogarg.wordpress.com
http://automobil.com
Kurang Lebihnya Mohon Maaf, Jika dalam penulisan contoh laporan diatas kurang berkenan atau ada kesalahan bahasa maupun strukturmya, Harap di malumi... bahwasanya manusia tak luput dari kesalahan
Saran dan Pendapat Anda.. Saya terima dengan lapang dada..!!!!!
.....Semoga Contoh Laporan PKL/PRAKERiN bernanfaat bagi anda yang membaca.....
Bisa boleh saya minta pak sebagai refrensi bahan pembuatan laporan juga
BalasHapusMakasih..!!bermanfaat banget untuk saya
BalasHapusSangat membantuππ
BalasHapusTerimakasih sangat membatu
BalasHapusMkasih in sngat membantu
BalasHapusSemoga menjadi manfaat untuk ke depan nya
BalasHapusSemoga menjadi manfaat untuk ke depan nya
BalasHapusBagus
BalasHapusFailed
BalasHapusBagusss
BalasHapusHy kunjungi juga blog saya ya
BalasHapusOk cuk
HapusTerimakasih sudah membantu
BalasHapusTerimakasih suadh membatu
BalasHapusIzin buat di jadikan referensi laporan pkl mas
BalasHapusTerimakasih atas bantuannya
BalasHapusππΏ
BalasHapusπππ
BalasHapus